Minggu, 12 Maret 2017

Analisis Akses Jaringan

Saya akan membahas tentang Analisis Akses Jaringan komputer ke salah satu web. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa cepat koneksi yang kita miliki saat proses load suatu website yang ingin kita buka.

Step 1 : Cek Kecepatan Koneksi

Mengecek kecepatan koneksi sangat penting, guna untuk mengetahui kecepatan internet yang kita miliki. Caranya yaitu dengan mengeceknya lewat speedtest.net .


Dapat kita lihat bahwa kecepetan koneksi saya Ping 5 Ms , 30 Mbps dan Upload Speed 11 Mbps yang berarti cukup cepat dan stabil saat berkoneksi.

Step 2 : Cek IP Host

Mengecek IP Host berguna untuk mengetahui IP Address dari domain yang akan kita analisa. Sebagai contoh saya menggunakan salah satu domain dari web kampus saya.

Note :
  • Jika menggunakan OS Windows : Run Cmd > ketik nslookup (spasi) [namadomain].
  • Jika menggunakan OS Linux : Ctrl + T lalu ketikan host (spasi) [namadomain] di terminal.

Karena saya menggunakan OS Windows jadi saya memakai cara :

  • Run Cmd, lalu klik OK
  • Kemudian, ketik nslookup (spasi) [namadomain]
 
Dari gambar di atas kita mengetahui bahwa IP Address studentsite.gunadarma.ac.id adalah 202.125.94.165

Step 3 : Cek Traffic

Cara mengecek traffic domain yang kita inginkan dapat kita cek menggunakan similarweb.com .

Total Visits :

Traffic by Countries :


Gambar di atas menjelaskan bahwa total visits pengunjung mencapai 146.90 ribu dengan rata - rata pengunjung yang mengakses sekitar 4 menit 16 detik. Pengunjung yang mengakses situs studentsite.gunadarma.ac.id ini ternyata tidak semuanya berasal dari satu negara Indonesia saja, melainkan situs ini juga telah di akses dari negara lain yaitu United States , Singapore , Germany , dan United Kingdom.

Step 4 : Cek Respond Time

Mengecek respond time pada suatu domain berguna untuk membandingkan waiting time koneksi kita saat membuka domain yang kita inginkan.

Ketikkan : ping (spasi) [namadomain]


Setelah kita melakukan pengecekan ping pada website tersebut, maka kita bisa melihat latency yang kita kirim berbeda dengan apa yang kita lihat pada speedtest tadi. Hal ini membuktikan bahwa pada website tertentu, kestabilan internet dapat berbeda - beda dan waktu load yang dibutuhkan untuk mengakses web pun berbeda tergantung pada seberapa besar tampilan dari web itu sendiri.

Pada gambar speedtest dapat kita lihat bahwa koneksi saya mendapati 5 Ms dan pada website studentsite.gundarama.ac.id kita mendapati rata - rata 8 Ms yang berarti kestabilannya sedikit kurang stabil. Bila pada website lain membutuhkan puluhan atau ratusan time, maka akan semakin lama waktu pengaksesan yang didapat saat mengakses website itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar